Sunday, November 10, 2013

Belajar Bermain Keyboard Dengan Benar

    Piano adalah alat musik kesukaanku. Kebetulan aku memiliki sebuah keyboard dari Mama dan Papi ketika aku berulang tahun yang ke-10 tahun 2012 lalu. Walau bukan piano, yang penting ada tuts-tuts nya seperti piano. Soalnya, aku itu suka menekan tombol-tombol gitu... Untung keyboard banyak tombolnya untuk mengatur tempo, beatnya, tinggi dan rendahnya suara, dan lainnya. Keyboard juga ada lagu-lagu, voice-nya, style-nya, dan lesson-nya.
    Aku sudah mempelajari beberapa lagu-lagu klasik seperti FurElise. Sedangkan ada juga lagu-lagu yang dapat dimainkan sambil dinyanyikan seperti lagu Edelweis, Somewhere Over the Rainbow, Only You, dan lain sebagainya. Terkadang, aku bosan dengan lagu-lagu yang ada di keyboard. Jadi, aku search lagu-lagu yang bisa aku mainkan di Google. Misalnya lagu Butiran Debu, Jar of Hearts lagu nya Christina Perri, dan Bunda lagu nya Melly Goeslaw. Aku pun sudah hafal kunci-kuncinya seperti kunci A, Am, E, Em, G, Gm, D, Dm, dan banyak lagi.
    Saat ini, aku lagi belajar bermain keyboard dengan tangan kiri. Kata Mama, supaya nanti jadi lebih bagus permainannya. Lalu, nanti kalau sudah bisa dengan tangan kiri, maka disatukan dengan permainan tangan kanan. Tangan kirinya yang mengatur nada karena lagunya diiringi dengan intro dan ending (style) yang ada di keyboard-nya. Style yang aku pilih yaitu Sweat Beat, Piano Ballad, dan Love Ballad untuk lagu Bunda, karena intro dan endingnya cocok untuk jenis lagu yang smooth atau bukan jenis lagu yang rock, pop, atau country.
    Kalau aku mencari lagu-lagu di Google untuk mempelajarinya, biasanya aku mencarinya yang disertai not kuncinya, bukan not baloknya. Jujur saja, aku tak bisa membaca not balok karena bisa terbilang rumit dan membingungkan. Sedangkan, not kunci lebih mudah, karena tinggal menghafal huruf-huruf kuncinya.
    Hehe... Aku tak sabar menunjukkan permainanku kepada teman-temanku. Soalnya, mereka bilang mau mendengarkan aku bermain keyboard, setiap kali aku menceritakan kepada mereka tentang lagu-lagu yang sudah aku kuasai. Nah, aku sudah berbagi cerita, nih. Sekarang sudah saja. BYE!!

No comments:

Post a Comment